Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahuilah!, 9 Cara Memilih Sayuran Segar dan Baik untuk Kesehatan

Ketahuilah!, 9 Cara Memilih Sayuran Segar dan Baik untuk Kesehatan

Memilih sayuran untuk dikonsumis tidaklah dilakukan secara sembarangan, terdapat tips dan trik agar lebih teliti serta sayuran yang dipilih aman bagi kesehatan anda. 

Sayuran merupakan salah satu sumber asupan nutrisi serta gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.  Selain menjadi opsi makanan sehat, sayuran dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Sayuran kerap dijadikan makanan pelengkap dan juga menjadi makanan utama sehari-hari.  Nah meskipun begitu, anda harus lebih barhati-hati dan teliti dalam memilih jenis sayuran yang akan dijadikan olahan sayuran.

Sangat fatal jadinya apabila anda memilih sayuran yang tidak layak konsumsi, sehingga bisa berakibat tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, penulis akan membagikan tips dan trik mengenai cara memilih sayuran yang baik untuk kesehatan. 

Baca juga! Cara Menanam Kangkung, Salah Satu Jenis Sayuran yang Mudah Dibudidayakan

Cara Memilih Sayuran Segar dan Baik untuk Dikonsumsi

1. Sayuran yang Dipilih, Pastikan Tidak Layu

Sayuran Segar dan Tidak Layu

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memilih sayuran yaitu melihat serta memastikan kesegaran sayuran tersebut.

Cara memastikan kesegaran sayuran yaitu dengan cara melihat apakah daun serta tangkainya layu atau tidak, apabila kondisinya layu maka sayur tersebut sudah tidak segar. Jenis sayuran seperti selada, kangkung serta sawi terdapat perbedaan yang jelas dalam hal ini.

2. Berdasarkan Warna Sayuran

Warna Alami Sayuran

Langkah selanjutnya dalam memilih sayuran yaitu dengan cara memerhatikan warna sayuran. Hal tersebut karena warna sayuran menjadi salah satu penanda bagaimana kualitas suatu sayuran. 

Cara menilai kesegaran suatu sayuran dapat diperhatikan dari warnanya, apakah masih dalam kondisi warna aslinya atau warnanya cerah. 

Apabila warna sayuran sudah berubah, ada baiknya anda tidak memilihnya, karena hal tersebut menandakan bahwa sayuran tidak lagi dalam kondisi segar serta tidak aman untuk dikonsumsi.

3. Sayuran Bebas Pestisida 

Sayuran Bebas Pestisida

Kebanyakan dari kita, pasti masih bingung bagaimana caranya membedakan mana sayuran yang terkontaminasi pestisida dan sayuran yang tidak terkontaminasi pestisida. 

Cara menandakan bahwa sayuran tersebut bebas dari pestisida yaitu bisa diperhatikan pada bagian daun sayurannya, apakah terdapat bolong pada sayuran atau tidak. 

Apabila daun sayuran tersebut kondisinya bolong serta tidak utuh, hal tersebut mengidentifikasikan bahwa kecil seperti ulat atau disebabkan oleh hama lainnya yang telah memakannya. Jadi dapat disimpulkan, bahwa sayuran tersebut sehat serta tidak mengandung pestisida.

4. Sayuran Tidak Keriput

Sayuran Tidak Keriput

Memastikan sayuran tidak dalam kondisi keriput merupakan salah satu cara memilih sayuran yang baik. Umumnya, cara ini digunakan saat memilih sayuran umbi-umbian, misalkan wortel, kentang, lobak dan juga bawang. 

Apabila sayuran tersebut sudah dalam kondisi keriput, hal tersebut menandakan sudah tidak lagi segar dan baik. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih sayuran yang masih memiliki teksturnya masih keras/utuh dan aromanya masih segar.

Baca juga! Manfaat Sawi Hijau yang Sangat Baik untuk Dikonsumsi dan Tentunya Bagus untuk Kesehatan

5. Pilih Sayuran yang Masih Muda dan Kecil

Sayuran yang Masih Muda dan Kecil

Apabila anda biasanya menyukai sayuran yang berukuran besar, ada baiknya dari sekarang ini ubah kebiasaan tersebut. Berdasarkan fakta, sayuran yang masih muda dan kecil lebih baik dan sehat, lho!

Bukan hanya itu, faktanya sayuran yang kecil dan masih muda dapat menjadikan cita rasa masakan jauh lebih nikmat serta teksturnya lebih empuk. 

6. Mengamati Tekstur dan Baunya

Tekstur dan Bau Sayuran yang Alami

Tips dan trik selanjutnya dalam memilih sayuran yang baik yaitu dengan mengamati tekstur dan baunya. Apabila sayuran dalam sudah dalam keadaan lembek, teksturnya berubah dan berbau, sebaiknya anda tidak memilihnya karena beridentikasi sayuran tersebut tidak sehat.

Kriteria tersebut perlu dilakukan agar sayuran yang anda pilih sebagai pertanda bahwa sayuran masih segar dan sehat atau tidak.

7. Mendapatkannya Langsung dari Petani

Mendapatkan Sayuran dari Petani Langsung

Opsi lainnya untuk mendapatkan sayuran segar yaitu mendapatkan/membelinya  langsung dari petani sayuran. 

Mendapatkan sayuran dari petani langsung, sayurannya memiliki tekstur, aroma, bentuk dan rasa yang masih segar. Sayuran-sayuran tersebut masih dalam kondisi segar karena baru langsung dipanen dari kebun.

8. Pilih Sayuran yang Belum Dibersihkan

Sayuran yang Belum Dibersihkan

Sebagai informasi, sayuran yang belum dibersihkan justru masih dalam kondisi baik dan segar. Umumnya, ciri-ciri sayuran tersebut masih memiliki akar dan masih berlumpur atau bertanah.

Nah, dapat disimpulkan bahwa sayuran yang belum dibersihkan terbukti jauh lebih segar, sehat serta akan lebih nikmat setelah dijadikan olahan masakan.

9. Membeli Sayuran di Pagi Hari

Sayuran Segar di Pagi Hari

Membeli sayuran di pagi hari diyakini anda akan mendapatkan sayuran yang masih segar , baik serta aman untuk dikonsumsi. Saat masih pagi, bahkan di subuh hari banyak para pedagang mulai menjual sayurannya.

Nah, saat tersebut banyak jenis sayuran yang masih segar yang bisa anda dapatkan dan apabila dijadikan olahan masakan akan menjadi lebih nikmat, karena cita rasanya masih kuat. Justru jika sudah siang hari, sayuran akan hilang kesegarannya bahkan semakin menjadi layu.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 9 cara memilih sayuran. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.