yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

10 Dampak Negatif Akibat Tidur Setelah Subuh

Bahaya Tidur setelah Subuh
Source: Pixabay

Di kala waktu subuh kebanyakan dari kita masih terbuai dalam tidurnya, karena waktu subuh masih menyisakan hawa dingin malam, sehingga kita terus berenak enakan tanpa menyadari hari sudah pagi dan tentunya bisikan setan dikala subuh sangatlah kuat.

Hal tresebut terbukti kebanyakan diantara kita terus melanjutkan tidurnya sampai matahari terbit bahkan sampai menjelang siang.

Tidur setelah subuh biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang di bulan Ramadhan, mareka beralasan bahwa tidur setelah subuh akan terasa lebih singkat waktunya, katahuilah tidur setelah subuh sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan juga kehidupan.

Dalam ajaran Islam, seorang hamba Allah sangatlah dianjurkan dikala waktu pagi untuk mencarai rezeki, semakin cepat anda bangun pagi, maka semakin banyak serta berkah pula rezeki yang anda dapatkan dan akan memudahkan dan membuka pintu rezeki baginya.

Hal tersebut sangat terbuti di dunia nyata bahwasanya mareka yang bangun lebih awal terlihar bugar jiwa raganya dan siap beraktivitas. Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang dampak negatif tidur setelah subuh.

10 Dampak Buruk Akibat Tidur Setelah Subuh

1. Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit yang dipengaruhi oleh kadar gula darah (glukosa) yang tinggi. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin, insulin diproduksi oleh pangkreas. 

Bagi orang yang mengalami diabetes, insulin tidak mampu diproduksi oleh pangkreas sehingga glukosa tidak dapat terserap dan terolah menjadi energi.

Ternyata tidur setelah subuh dapat memicu penyakit diabetes, hal tersebut dapat dibuktikan dengan kurangnya gerak, olahraga atau aktivitas lainnya sehingga prankreas tidak atau kurang mampu memproduksi insulin yang berakibat insulin tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi.

Baca juga! 8 Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia

2. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kurangnya tidur akan menyababkan peningkatan tekanan darah dan tubuh mengalami peradangan, kedua hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan juga stroke.

Kurangnya waktu tidur, seseoang berkemungkinan akan melanjutkan tidurnya setelah waktu subuh, tanpa mareka sadari bahwasanya hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Obesitas

Berdasarkan penelitian yang dilakukan PloS One bahwasanya jika seseorang yang membiarkan kamarnya selalu dalam keadaan gelap di pagi hari adalah suatu kebiasaan buruk yang menyebabkan seseorang mengalami kegemukan (obesitas). Tidak hanya itu lhoo, tapi juga bisa meningkatkan resiko stress, depresi dan bad mood.

Apabila sudah pagi dan matahari sudah terbit alangkah baiknya kita sudah memulai aktivitas yang positif, tidak melanjutkan tidur atau bermalas malasan (mager).

Untuk itu, apabila pagi sudah tiba, maka bergegaslah bagun, merapikan tempat tidur anda, membuka jendela agar segarnya udara pagi masuk ke kamar anda dan melakukan hal hal positif lainnya.

4. Sulit Berpikir dan Berkurangnya Kosentrasi

Kenapa tidur di waktu pagi menyebabkan seseorang sulit berpikir dan berkurangnya kosentrasi?. Tentunya karena saraf otak mengalami gangguan dan juga sebagaimana kita ketahui bahwasanya otak akan sangat aktif berkerja di pagi hari.

Jadi akan terasa sayang apabila anda tidur di waktu subuh karena akan mengalami sulit berpikir dan berkurangnya kosentrasi.

5. Mudah Lupa

Pembahasan point ini berkesinambungan dengan pembahasan sebelumnya bahwasanya apabila seseorang sudah mengalami sulit berpikir dan berkurangnya kosentrasi maka tentunya hal tersebut akan mengakibatkan seseorang mudah lupa.

6. Lesu Seharian

Anda merasa lesu seharian? mungkin salah satu penyebabnya adalah anda tidur setelah subuh. Ya, tidur setelah subuh menyebabkan kondisi tubuh yang lesu lhoo, hal tersebut dapat dibuktikan, karena orang yang tidur di pagi hari tidak mendapatkan keberkahan pagi.

Pagi merupakan waktu yang dilimpahkan keberkahan di semesta alam. Jadi orang akan merasa merugi apabila tidak mendapatkan keberkahan tersebut.

Baca juga! 10 Hal Kecil yang Memberikan Dampak Positif dalam Kehidupan Anda

7. Depresi

Seseorang yang sering tidur pagi akan berakibat depresi, lantaran waktu tidur tidak cukup.

8. Gangguan Metabolisme

Gangguan metabolisme salah satunya diakibatkan oleh sarapan tidak tepat waktu. Tidur setelah subuh tentunya membuat seseorang telat sarapan, sehingga metabolisme tubuh akan terganggu dan dapat menimbulkan penyakit lambung seperti maag.

Mungkin hanya ini yang dapat penulis bahas mengenai 10 dampak negatif akibat tidur setelah subuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman teman anda.